3 Rekomendasi Netbook Untuk Pelajar Harga Di Bawah 2,5 Juta

98 views

TeknoOgi.com – Kemajuan teknologi khsusnya teknologi informasi telah mempengaruhi pendidikan di Indonesia, dimana rata-rata saat ini sekolah mewajibkan anak muridnya untuk memiliki sebuah alat komputasi seperti notebook atau laptop untuk menunjang lancarnya proses belajar-mengajar. Memang dengan adanya komputer jinjing tersebut, kegiatan belajar- mengajar lebih bisa dimaksimalkan.

Di sisi orang tua, hal tersebut mungkin akan sedikit memberatkan, terlebih harga laptop atau notebook banyak yang di atas 3,5 juta Rupiah. Namun, kalau diteliti lebih lanjut lagi, sebenarnya terdapat beberapa pilihan peralatan komputasi yang dijual dengan harga murah. Diantara yang berharga murah tersebut dibanderol dengan harga kurang dari 2,5 jutaan.

Nah, jika saat ini Anda sedang mencari netbook murah dengan harga di bawah 2,5 juta, Anda bisa memilih salah satu dari 3 model laptop yang akan dibahas dalam tulisan ini. Apa saja merk dan tipenya? Silahkan lihat saja di bawah ini.

1. Lenovo Ideapad 310s-11IAP

Lenovo-Ideapad-310s-11IAP 3 Rekomendasi Netbook Untuk Pelajar Harga Di Bawah 2,5 Juta

Pilihan pertama untuk netbook berharga murah kurang dari 2,5 juta datang dari merk asal China yang sudah memiliki nama besar yaitu Lenovo. Tipe laptop Lenovo yang dibanderol dengan harga lumayan murah itu adalah Lenovo Ideapad 310s-11IAP. Netbook ini memiliki bentang layar seluas 11,6 inci beresolusi HD 1366 x 768 piksel.
Spesifikasi yang diusung secara umum oleh netbook Lenovo satu ini tergolong standar dan cocok sekali jika digunakan oleh pelajar yang biasanya lebih sering menjalankan program-program yang berhubungan dengan dokumen seperti MS Office.

CPU yang digunakan sebagai dapur pacu Lenovo Ideapad 310s-11IAP ini adalah prosesor dual core Intel terbaru yang sudah cukup tangguh untuk mengeksekusi program standar. Tipe prosesor yang dimaksud adalah Intel Celeron N3350. Walaupun kinerjanya terbilang biasa, namun jika sekali-kali dipakai untuk main game ringan, netbook ini cukup kuat untuk menjalankannya.

Dari segi RAM, kapasitasnya termasuk pas-pasan yakni cuma 2 GB saja. Agar saat dipakai netbooknya tidak lemot, usahakan untuk tidak membuka banyak aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan. Di samping itu, kalau ada program yang tidak digunakan sebaiknya dibuang saja, karena akan menambah lega kapasitas RAM tersebut.

Memori penyimpanan yang dibenamkan pada Lenovo Ideapad 310s-11IAP cukup besar yaitu 500 GB. Kapsitas HDD sebesar itu mampu menampung banyak file baik foto, film kualitas HD maupun musik MP3.

Lenovo Ideapad 310s-11IAP di pasaran dijual dengan harga mulai dari Rp 2.450.000. Kalau dilihat dari harganya, netbook Lenovo yang ini tergolong murah, sebab masih banyak netbook merk lain seperti Asus dan Acer yang menjual produknya yang memiliki spesifikasi mirip dijual dengan harga lebih mahal dari itu.

Quick Specs:

Prosesor: Intel Celeron N3350
Clockspeed: 1.1GHz, Fitur Burst sampai dengan 2.4GHz
Jumlah Core: Dual Core
RAM: 2GB DDR3L
HDD: 500GB SATA 5400RPM
Layar: 11,6″ Resolusi HD 1366×768 Piksel
Graphics: Intel HD Graphics 500
Optical Drive: Tidak Ada
Sistem Operasi: DOS
Warna: Putih

Baca juga :
Lenovo IdeaPad 100, Laptop Tipis, Spek Tinggi dan Murah 2018

2. Axioo My Book 10 2125RS

Lenovo-Ideapad-310s-11IAP 3 Rekomendasi Netbook Untuk Pelajar Harga Di Bawah 2,5 Juta

Pilihan kedua netbook harga murah adalah dari brand lokal yang sudah cukup dikenal yaitu Axioo dengan produknya yang diberi dengan kode model Axioo My Book 10 2125RS. Bobot netbook ini tergolong ringan karena berat keseluruhan yang dimiliki kurang dari 1 kg. Spesifikasi yang diusung secara umum hampir sama dengan netbook Lenovo pada poin nomor satu di atas, kecuali pada layar yang lebih kecil yakni 10,1 inci.

Prosesor yang dibenamkan sebagai tenaganya adalah Intel Celeron N3350, sementara kapasitas RAM yang disematkan berkapasitas 2 GB juga. Kapasitas ini memang pas-pasan dan cara mengakalinya agar netbook tetap berjalan dengan lancar sama dengan netbook Lenovo yang telah dijelaskan di atas.

Layar yang digunakan oleh Axioo My Book 10 2125RS ini memiliki resolusi HD 1200 x 800 piksel. Jenis panel layarnya sendiri adalah IPS LCD dengan LED-Backlight. Penggunaan panel IPS tersebut bisa dipastikan akan membuat tampilan objek di layar lebih tajam serta memiliki sudut pandang yang lebih lebar daripada laptop atau netbook yang tidak memakai panel IPS.

Di pasaran, netbook dari Axioo ini dijual dengan harga sekitar Rp 2,3 jutaan saja. Harga tersebut tergolong masih ramah di kantong dan tidak terlalu memberatkan tentunya.

Prosesor: Intel Celeron N3350
Clockspeed: 1.1GHz, Fitur Burst sampai dengan 2.4GHz
Jumlah Core: Dual Core
RAM: 2GB DDR3L
HDD: 500GB SATA 5400RPM
Layar: 10,1″ Resolusi HD 1200×800 Piksel
Graphics: Intel HD Graphics 500
Optical Drive: Tidak Ada
Sistem Operasi: DOS
Warna: Grey

Baca juga :
Review dan Harga Chuwi LapBook Laptop Intel Z8350 RAM 4GB Windows 10, Laptop Tipis Mirip Macbook

3. Zyrex Sky 232

Lenovo-Ideapad-310s-11IAP 3 Rekomendasi Netbook Untuk Pelajar Harga Di Bawah 2,5 Juta

Nebook harga murah diurutan terakhir ditempati oleh merk lokal yang juga sudah memiliki peminat yang lumayan banyak yaitu Zyrex dengan produk besutannya Zyrex Sky 232. Netbook ini merupakan netbook yang dijual dengan harga paling murah diantara ketiga netbook yang dibahas dalam tulisan ini, dimana Anda sudah bisa membawa pulang hanya dengan membayar sekitar 2,2 jutaan saja.

Spesifikasi yang disusung secara umum memang lebih rendah daripada netbook Axioo dan Lenovo di atas, namun kalau hanya sekedar untuk pelajar yang notabene lebih sering melakukan kegiatan komputasi ringan, Zyrex Sky 232 ini akan mampu menjalankan dengan baik.

CPU yang digunakan untuk menenagai Zyrex Sky 232 adalah Intel Atom x5-Z8350. Prosesor ini memiliki kelebihan yaitu konsumsi dayanya yang sangat rendah, sehingga baterai netbook akan bisa bertahan lebih lama. Secara kinerja, prosesor Intel Atom tersebut masih bisa diandalkan untuk browsing, mengetik dokumen, membuat tabel dengan Excel dan berbagai aktivitas komputasi sejenis lainnya.

Sementara untuk layar, Zyrex Sky 232 adalah yang paling lega diantara tiga netbook yang dibahas ini. Bentang layar yang dimiliki adalah seluas 14 inci beresolusi HD 1366 x7 68 piksel. Netbook ini tentunya cocok sekali untuk Anda yang menyukai laptop atau notebook berlayar besar.

Dalam paket pembeliannya telah disertakan sistem operasi Windows 10, namun tidak diketahui apakan Windows 10 tersebut versi trial ataukah versi full. Namun yang pasti netbook Zyrex ini bisa langsung dipakai tanpa perlu memasukkan sebuah OS lagi ke dalamnya.

Quick Specs:

Prosesor: Intel Atom x5-Z8350
Clockspeed: 1.44GHz, Fitur Burst sampai dengan 1.92GHz
Jumlah Core: Quad Core
RAM: 2 GB DDR3L
HDD: 32 GB eMMC
Layar: 14″ Resolusi HD 1366×768 Piksel
Graphics: Intel HD Graphics
Optical Drive: Tidak Ada
Sistem Operasi: Windows 10
Warna: Silver

Baca juga :
Cari Laptop Murah 2 jutaan ? Daftar Laptop Murah Berbagai Merek 2018

Dari ulasan ketiga netbook murah di atas, dapat disimpulkan bahwa netbook yang memiliki spesifikasi tertinggi sekaligus paling mahal adalah Lenovo Ideapad 310s-11IAP yang terdapat pada poin nomor satu, sedangkan netbook yang paling murah adalah Zyrex Sky 232. Uniknya, meskipun memiliki harga termurah, tapi layarnya adalah yang paling luas diantara ketiga netbook yang dibahas. Akhir kata, ketiga netbook yang ada dalam list ini semuanya cocok digunakan oleh pelajar atau orang umum yang akan menggunakan netbooknya menjalankan program-program yang tidak berat.

Gallery for 3 Rekomendasi Netbook Untuk Pelajar Harga Di Bawah 2,5 Juta

Incoming search terms:

  • netbook untuk pelajar
  • perbandingan axioo mybook 11 dan chuwi lapbook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *