5 Tips Charge Smartphone Android Agar Baterai Awet

TeknoOgi – Android kini seolah telah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat yang hidup di jaman modern ini, hal ini disebabkan perangkat tersebut telah bisa digunakan untuk melakukan banyak fungsi yang sangat beragam mulai dari fungsi utamanya untuk melakukan komunikasi hingga untuk meningkatkan produktivitas. Untuk bisa menjalankan fungsinya yang begitu beragam tersebut, tentu saja smartphone membutuhkan sumber energi berupa baterai.

Seperti yang Anda ketahui bahwa baterai merupakan sebuah komponen keras yang sangat penting bagi sebuah perangkat Android. Pasalnya tanpa adanya baterai, tentu saja smartphone Android tak akan bisa digunakan. Penggunaan smartphone yang terus menerus tentu saja akan menguras daya baterai sehingga Anda harus melakukan charging atau pengisian daya ulang. Namun Anda tidak boleh melakukan charging secara asal-asalan karena justru akan merusak baterai, berikut ini akan kami berikan 5 tips charge smartphone Android agar baterai awet.

5 Tips Charge Smartphone Android Agar Baterai Awet

  1. Jangan Mengisi Daya Baterai Hingga Penuh

Sebagian besar pengguna smartphone berbasis Android seringkali mengisi baterai smartphone-nya hingga penuh 100 persen, padahal hal yang satu ini tidak boleh terlalu sering dilakukan. Hal ini dikarenakan baterai yang digunakan pada sebagian besar smartphone Android yang berjenis lithium ion justru akan cepat mengalami kerusakan jika Anda mengisi daya baterainya hingga penuh.

  1. Jangan Biarkan Baterai Kosong

Hal berikutnya yang harus Anda hindari adalah membiarkan baterai smartphone kosong atau nol persen, sebagian pengguna smartphone Android ada yang sengaja membiarkan baterainya hingga benar-benar kosong sebelum mengisi dayanya kembali. Padahal kebiasaan ini tidak boleh Anda lakukan karena membiarkan baterai kosong akan memperpendek usia pemakaian baterai.

  1. Tidak Melakukan Charging Semalaman

Masih banyak sekali pengguna smartphone Android yang melakukan charging semalaman suntuk sambil ditinggal tidur, hal yang satu ini sebaiknya Anda hindari. Pasalnya melakukan charging dalam waktu yang terlalu lama akan menimbulkan panas yang berlebih akibat pemborosan daya yang terbuang setelah kapasitasnya penuh sehingga hal ini akan menyebabkan kerusakan.

  1. Hindari Penurunan Daya Secara Drastis Saat Charging

Perlu Anda ketahui bahwa daya baterai yang berkurang secara drastis pada saat melakukan charging disebut dengan nama parasitic load, hal yang satu ini terjadi jika pada saat melakukan charging, Anda menggunakan smartphone untuk membuka aplikasi atau game yang berat. Anda tidak boleh melakukan hal tersebut karena akan bisa mengganggu proses pengisian daya baterai.

  1. Jangan Melakukan Charging di Tempat Yang Panas

Agar baterai smartphone Android tetap awet, maka hendaknya Anda tidak melakukan charging di tempat yang panas ataupun terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini  dikarenakan temperatur yang tinggi akan bisa menekan baterai sehingga akan membuat daya baterai lebih cepat terkuras sehingga akan membuat proses pengisian daya menjadi lebih lama dan akan berpotensi mengalami overheating.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi di Android & Cara Melihat Password WiFi Smartphone

Jika Anda ingin merawat baterai smartphone agar tetap awet, maka Anda bisa mengikuti tips untuk melakukan charging yang ada di atas.

advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *